Tempat Wisata di Indonesia yang kekinian! (part 2)

Liburan merupakan salah satu teknik sangat jitu untuk melepas stres akibat rutinitas dan pekerjaan yang menjemukan. Tidak perlu melancong ke luar negeri atau menghabiskan uang di pusat-pusat perbelanjaan mahal, sebab Indonesia juga punya tidak tidak banyak sekali lokasi unik yang menunggu untuk segera anda jelajahi, yuk pada part yang kedua ini anda lanjut ulasan tempat-tempat wisata apa saja yang di indonesia yang paling populer dan kekinian pada POKERTIAM anak jaman now hehehehe…

5. Anambas – Kepulauan Riau

Di Kepulauan Riau, terdapat satu lokasi wisata dengan pemandangan alam yang begitu memesona dan tak boleh dilewatkan ketika berangjangsana ke sini. Ya, apa lagi bila bukan Kepulauan Anambas? Seperti halnya Raja Ampat, lokasi wisata yang pada 2013 kemudian pernah dianugerahi sebagai Kepulauan Tropis Terbaik di Asia versi CNN ini memang menyimpan begitu tidak sedikit keindahan yang belum tersentuh tangan manusia. Laut biru dengan pasir putihnya yang lembut serta terumbu karang yang cantik dipastikan akan menyihir siapa saja yang berangjangsana ke sini. Konon saking cantiknya, pemandangan di sini sampai mengungguli Maldives! Siap berlibur ke sini?

Tempat Wisata di Indonesia yang kekinian! (part 2)
Tempat Wisata di Indonesia yang kekinian! (part 2)

6. Candi Muaro Jambi – Jambi

Selama ini, dua candi yang paling tidak sedikit dikenal di Indonesia ialah Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Namun tahukah Anda, bahwa di tanah Jambi pun terdapat suatu kompleks candi Hindu-Budha terbesar di Indonesia? Ya, Candi Muaro Jambi namanya. Tempat wisata bersejarah ini adalahperpaduan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu dan diduga sudah ada semenjak abad 11 Masehi. Tempatnya yang unik dan kaya bakal nilai sejarah menciptakan Candi Muaro Jambi diresmikan sebagai Kawasan Wisata Sejarah Terpadu (KWST) pada 2012 silam oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tidak melulu wisatawan domestik, sejumlah tahun belakangan wisatawan asing juga mulai hadir demi dapat menyaksikan langsung lokasi yang dulunya pernah dijadikan sebagai di antara pusat lokasi peribadahan agama Budha Tantri Mahayana di negeri ini.

7. Fort Marlborough – Bengkulu

Jika kebetulan kita sedang sedang di Bengkulu dan menyukai tempat wisata bernuansa sejarah, cobalah berangjangsana ke Benteng Fort Marlborough, yang terletak di Teluk Segara, Kebun Keling, Bengkulu. Sedikit informasi, bangunan ini adalahbenteng peninggalan Inggris dan di bina oleh EIC (East India Company) pada tahun 1713. Tujuan mula pembangunan benteng ini ialah sebagai titik pertahanan Inggris dari serangan musuh. Berdasarkan keterangan dari cerita, Benteng Fort Marlborough adalahbenteng terkuat kedua di distrik Timur yang pernah di bina Inggris. Setelah beralih tangan dari pemerintah Inggris ke Belanda, Belanda ke Jepang, Jepang ke Indonesia, hingga kembali diduduki oleh Belanda, benteng ini juga akhirnya sah dikelola oleh Depdikbud setempat guna dipugar dan dijadikan sebagai cagar budaya. Jika berniat ke sini, datanglah antara pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore, karena tempat wisata ini hanya dimulai untuk umum pada jam-jam tersebut.

8. Museum Sultan Mahmud Badaruddin – Palembang

Selain familiar dengan pempek kapal selamnya yang lezat, Palembang pun memiliki tidak sedikit tempat wisata unik untuk dikunjungi, salah satunya ialah Museum Sultan Mahmud Badaruddin. Tempat wisata bersejarah ini bertempat di dekat area wisata Benteng Kuto Besak. Museum yang terdiri dari 2 lantai ini adalahbangunan tua peninggalan Belanda. Di sini, Anda dapat menjumpai pelbagai koleksi benda menarik dari sekian banyak cabang ilmu, mulai dari arkeologi, biologi, etnografi, seni rupa, keramikologi, hingga numismatika yang sampai kini masih terawat dengan baik. Tidak melulu itu saja, kita pun dapat melihat-lihat koleksi duit kuno, pakaian adat, model lokasi tinggal limas, kain songket, perangkat musik, dan beda sebagainya. Tempat wisata ini sendiri dimulai muali pukul 08.00 pagi hingga 16.00 sore.

masih pada penasaran bukan? yuk kita lanjut pada kesempatan lainnya.. sampai berjumpa kemudian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *